Kalimantung, Pulau Kecil Berpantai Pasir Lembut

Pulau Kalimantung merupakan gugusan pulau Mursala yang berada di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini dikenal karena hamparan pasir pantai yang halus dan luas di pantainya. Selain itu pulau ini juga memiliki pemandangan laut dengan gugusan pulau-pulau kecil. Bagi yang hobi menyelam, di Pulau ini dapat melakukan penyelaman dan akan melihat aneka ikan-ikan kecil dan terumbu karang.

Bagi pengunjung yang ingin datang, disarankan pada pagi hingga siang hari. Karena pada waktu itu air laut sedang surut sehingga pasir pantainya terlihat sangat luas dan bersih. Namun jika sudah sore hari, sebagian area pasir akan terendam air laut yang sedang pasang.

Kunjungan akan semakin lengkap juga bagi para pengemar swafoto, pulau ini memberikan berbagai lokasi foto dengan latar pemandangan yang indah jika nantinya di unggah melalui media sosial.


Pulau berpinggir pantai dangkal dengan air laut terlihat berwarna hijau dari dasarnya yang menghiasi bibir pantai tersebut, hingga saat ini merupakan pulau tanpa penghuni. Sehingga belum ada fasilitas sarana pendukung dan juga belum ada warung. Oleh karena itu, pengunjung wajib membawa bekal sendiri jika mengunjung pulau tersebut.

Untuk bisa mencapai pulau ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kapal dari pantai pandan. Namun untuk saat ini, Kapal yang bisa ditumpangi masih menggunakan sistem sewa dengan biayai 1,5 - 2 Juta perhari dengan muatan 20 orang. Sehingga jika ingin ke Pulau Kalimantung ini baiknya bersama rombongan agar biaya lebih murah. Karena dibagi rata dengan pengunjung lainnya.

Jadi, selain berkunjung ke Pulau Mursala dengan Air terjun uniknya. Kunjungan bisa langsung dilanjutkan ke Pulau Kalimantung karena masih tergolong dekat.

8 Komentar

  1. Memang bgs sekali, saya pernah kesana juga tp dah lama hehe

    BalasHapus
  2. Dekat sama pulau mursala ya bang, jadinya bisa ke 2 pulau ini sekaligus kalo mau liburan ya..
    mesti cari rombongan ini..Biar bisa patungan biaya nyebrang

    BalasHapus
  3. Mantap banget kak saya belum pernah kesana. Semoga bisa cepat kesanalah soalnya indah banget banget.

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, indah sekali tempatnya. Seolah mimpi ke pantai lagi. Kalau di daerah Medan saya belum pernah nemu sebagus ini.

    BalasHapus
  5. Sayang sekali, transportasi ke sana mahal, kalimantung baru kali ini dengar kalau Mursala sih sudah

    BalasHapus
  6. Haishh keren x Pulau Kalimantungnya Bang... Macam di kalender² yaa... Btw wlwpun Pulau Mursala udah lama tau, kami kl berwisata ke Tapteng, palingan sampe Poncan aja Bg hehe... Alasannya msh bw anak kecil blm bebas x pigi jauh² hehe. Tfa yaa Bg Anjos

    BalasHapus
  7. Wah aku pernah ke Mursala, Pula Putri kalau Kalimantung ini belum pernah bang.

    BalasHapus
  8. Pas banget memang tempatnya buat bersantai dan menikmati laut

    BalasHapus