Sekarang Whatsapp Bisa Share Screen

 

Aplikasi berkirim pesan Whatsapp atau yang sering di singkat penyebutannya dengan WA memunculkan fitur baru bagi penggunanya yakni fitur berbagi layar atau Share Screen. 

Kemunculan fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun facebooknya pada Selasa (08/08/2023). Dirinya menuliskan we're adding the ability to share your screen during a video call on Whatsapp, dan disertai dengan foto telepon genggam yang sedang melakukan panggilan ke beberapa pengguna dan dilayarnya terlihat layar yang dibagikan dari pengguna lain. 
Gambar yang diposrinf mark zuckerberg


Fitur berbagi layar yang disediakan whatsapp tersebut semakin melengkapi fitur-fitur yang sebelumnya telah disediakan. Seperti bulan Juli 2023 yang lalu Whatsapp menyediakan fitur pesan video instan. Dimana pengguna dapat mengirimkan pesan video kepada pengguna lain dengan durasi maksimal 60 detik,  cara penggunaanya tidak jauh berbeda dengan fitur pesan suara. 

Kemunculan fitur berbagi layar ini, sepertinya adalah upaya whatsapp menarik pengguna yang sering rapat dalam jaringan (daring) untuk menggunakan aplikasinya. Jika sebelumnya panggilan video dengan WA hanya untuk berkomunikasi biasa saja, dengan adanya fitur ini, pengguna bisa rapat dan menyajikan paparan yang dibagi secara langsung ke layar pengguna lain. Persis seperti yang sudah lebih dahulu dimiliki aplikasi zoom

Namun untuk tingkat ke efektifan, menggunakan WA untuk rapat daring lebih baik dari zoom, karena kita tidak perlu harus menyediakan link join atau meeting id seperti yang ada di zoom. Cukup langsung panggil nomor yang ada dikontak masing-masing. Selain itu, durasi penggunaan untuk panggilan video tentu tidak terbatas, tidak seperti zoom yang hanya menyediakan durasi 45 menit jika menggunakan akun gratis, jika ingin menggunakan lebih lama lagi, maka harus membeli lisensi atau diakali dengan setelah durasi sampai 45 menit dibiarkan berhenti dulu baru dilanjut lagi. Meski unggul soal cara menggunakan dan durasi, pengguna atau peserta rapat daring dengan WA masih terbatas. Sesuai dengan aturan yang dimiliki untuk satu kali panggilan video hanya bisa diikuti oleh 32 peserta.

Meski punya fungsi yang mirip, terdapat perbedaan pengoperasian fitur share screen di WA dengan di aplikasi dengan aplikasi lain. Di WA belum bisa dipakai untuk membagikan layar hanya pada jendela yang dibuka. Sementara di aplikasi seperti zoom memungkinkan pengguna memilih ingin membagikan semua layar atau hanya jendela yang dibuka. 

Cara menggunakan share screen di WA 

Buat panggilan video seperti biasa, setelah video call tersambung, ketuk tombol “Share Screen” yang berada tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera. 

Kemudian, akan muncul pemberitahuan tentang berbagi layar. Pemberitahuan tersebut hanya muncul saat pertama kali menggunakan fitur berbagi layar. 

Selanjutnya pilih opsi “Mulai Sekarang”. Selanjutnya, pengguna bakal disajikan pemberitahuan bahwa fitur share screen telah aktif.



Setelah itu, pengguna tinggal membuka apa yang ingin ditampilkan kepada pengguna lain melalui layar handphonenya. Selama penggunaan fitur ini, semua yang tampil dilayar pengguna yang membagikan akan tampil pula dilayar pengguna lain. 

Jika sudah selesai menggunakan fitur, pengguna tinggal memilih tombol “berhenti berbagi”.

Jika belum menemukan fitur berbagi layar di WA anda, coba update aplikasi WA terlebih dahulu, setelah update pasti fitur itu telah muncul. 

18 Komentar

  1. Wow... Makin keren aja nih ya di wa. Yah walau partisipan masih sekitar 32, tapi lebih baik ya. Buat keluarga lebih dari cukup. Secara saya gak pernah ngobrol barengan gitu. Ya kecuali dengan acara komunitas. Kedepannya bisa di wa nih ya

    BalasHapus
  2. Hihihi makin canggih aja whatsapp. Baru aja aku dikasih tau soal voice note pake video eh skrg ada fitur baru lagi

    BalasHapus
  3. Wow... Makin canggih dan keren aja WA nih.. Blom coba aku nih fitur ini seperti lebih praktis dan hemat data dari pada zoom

    BalasHapus
  4. Setuju, makin keren aja WhatsApp. Selalu ada inovasi. Jadi engga perlu repot-repot mindahin data dan ganti aplikasi. Dulu kan kalau engga zoom, gmeet. Segalanya bisa dari genggaman HP deh...

    BalasHapus
  5. Fitur pesan video aja saya taunya dari anak saya yang masih kecil,
    "Mama udah update WA?"
    "Emang kenapa?"
    "Biar bisa gini loh ma... (praktekin bikin pesan video)" hahaa

    Ini dia belum laporan berarti dia juga belum tau fitur terbaru WA.
    Tapi emang sejauh ini WA adalah aplikasi chat yang paling gampang, simple dan nyaman.

    BalasHapus
  6. Teknologi semakin berkembang ya. Termasuk aplikasi WA. Keren nih bisa share screen. Coba deh

    BalasHapus
  7. Sepertinya WA daku udah keupdate sendiri, tetapi belum daku coba ini videonya. Masih memantau untuk saat ini karena muncul di fyp

    BalasHapus
  8. Wah asyik ya,
    Sebelumnya kan ribet banget jika harus menerangkan sesuatu via WA
    Sekarang bisa pakai fitur share screen

    BalasHapus
  9. Wah, makin keren aja nih WA... Sumpah, baru ini aku tahu kalau WA sudah bisa share screen. Makin lengkap aja nih fasilitasnya

    BalasHapus
  10. Asyik WA sekarang bisa share screen...meski belum bisa dipakai untuk membagikan layar hanya pada jendela yang dibuka tapi membantu sekali ini. Makin ketje ah WA!

    BalasHapus
  11. Aah, nuhun infonya.
    Jadi semakin nyaman menggunakan wa sekarang ya..
    Banyak fitur yang mendukung dan membantu dalam hal komunikasi dan membuka usaha.

    BalasHapus
  12. Wuiiih canggih, ternyata sekarang whatsapp bisa share screen juga ya kak. Noted banget caranya. Nanti mau saya cobain

    BalasHapus
  13. Kok seru? Kyaaa ... aku baru tahu. Bisa nih jadi alternatif buat meeting meeting seru sama rekan kerja di kantor pas lagi jauh jauhan jadi nggak perlu buka di app lain lagi. Biar nggak ribet sana sini dulu.

    BalasHapus
  14. Waah baru tahuuuu... Ntar nyobain ah. Update yang kemarin aja belim semoat nyobain hahaha..
    Makasii Sharingnya

    BalasHapus
  15. wah keren wA bisa ss juga ya untuk presentasi jadi ga usah pakai aplikasi khusus presentasi lagi nih keren banget

    BalasHapus
  16. Pengembangan wa kekinian banget ya, tentunya bikin penggunaannya kian simple dan efektif, nice info

    BalasHapus
  17. Wah, saya baru tau bahwa WA kini sudah bisa share screen. Makin mantab deh ini. Jadi ga perlu repot2 pake Zoom jika hanya untuk meeting dengan participant yang kecil jumlahnya yaa. Trims untuk detail infonya, Bang. Yahowu!

    BalasHapus
  18. Ya ampuuun .. baruuu aja bisa yang kirim video by klik di message-nya eeeh udah ada lagi fitur canggihnya

    BalasHapus