Ulasan 3 Varian Rasa Kopi Janji Jiwa Di Gunungsitoli - Anjos Nias | Blogger Nias

Minggu, 21 Juni 2020

Ulasan 3 Varian Rasa Kopi Janji Jiwa Di Gunungsitoli

Rasa kopi janji jiwa kota gunungsitoli
Menikmati kopi janji jiwa sambil memandang taman ya'ahowu
Setelah festival kopi nusantara dalam rangkaian kegiatan Sail Nias 2019 yang lalu, waralaba kopi janji jiwa membuka outletnya di Gunungsitoli, pada Februari 2020 yang lalu. Untuk itu saya buat ulasan 3 varian rasa kopi janji jiwa di Gunungsitoli, Pulau Nias.

Sebelum mengulas rasa kopinya, saya beri gambaran tempat ngopi dengan outlet berjilid 738 ini. Untuk tempatnya sengaja dibuat lebih terbuka, karena bisa menikmati pemandangan laut dan Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli. Karena tempatnya lebih terbuka, suhu udaranya pun akan mengikuti suhu udara sekitar. Namun untuk mensiasati udara panas yang bisa menggangu, tempat usaha itu memasangi beberapa kipas angin air.

Lalu untuk soal rasa, saya ulas tiga varian rasa yang menggunakan kopi. Meski nama usahanya kopi, waralaba ini teryata tetap menyediakan minuman yang tidak menggunakan kopi.

Tiga varian rasa akan saya ulas berikut ini:


1. Es Kopi Coklat


Untuk bisa merasakan Es Kopi Coklat, kita harus membayar seharga Rp. 20.000,-. Es kopi coklat yang telah diracik akan dibuat dalam kemasan gelas plastik lalu ditutup dengan plastik yang di press dan disediakan sedotan.

Saat es kopi coklat telah sampai dimulut melalui sedotan, Awalnya akan sangat terasa coklatnya di mulut. saat rasa coklat mulai hilang, rasa kopi dan aromanya baru terasa di lidah.

Selain itu ada rasa pahit yang sepertinya berasal dari rasa coklatnya. Pada saat tertentu saat menyeruput, akan lebih terasa kopinya dan di akhiri dengan rasa coklat manis kepahitan.

Saat es kopi coklat itu telah habis tertelan, rasa pahitnya seperti lebih bertahan lama terasa dimulut. Bagi yang tidak biasa sebaiknya menyiapkan air putih menetralisirnya atau menyedot kembali es kopi coklatnya.
Tempat kopi janji jiwa di kota gunungsitoli

Namun rasa yang tadi menggunakan sedotan akan berbeda saat dinikmati dengan meneguk langsung dari gelasnya. Rasa kopi akan lebih terasa dari coklatnya. Dan rasa pahit pun juga terasa dari kopi. Perbedaan rasa antara menggunakan sedotan dan meneguk langsung itu teryata diakibatkan coklat pada campuran kopi lebih mengendap di bagian bawah. 

Untuk mendapatkan sensasi perpaduan rasa, Saat akan diminum sebaiknya diaduk terlebih dahulu. Namun saat sudah bercampur, aroma kopinya tidak akan tercium

Meski dikasih es batu, rasa dingin sepertinya tidak bisa mempengaruhi rasa yang pahit yang begitu menyengat.  Tapi sesaat rasa pahit telah hilang,akan muncul rasa manis di liur.

2. Es kopi susu

Bagi yang belum terbiasa dengan kopi, menu es kopi susu ini sepertinya lebih pas. Dengan harga 18 ribu pergelasnya.  Saat meminumnya rasa kopi hanya terasa sedikit, dominan terasa lebih manis. 

Belum tahu apakah rasa manis dihasilkan dari susu atau memang ada campuran khusus. Karena jika susu murni yang digunakan tentu tidak memiliki rasa manis. Kecuali susu yang dimaksud adalah creamer.

Karena rasanya yang dominan manis, tidak perlu lama-lama untuk menghabiskan 1 gelas es kopi susu. Apalahi tidak sensasi perbedaan rasa dimulut antara proses meneguk es kopi itu.
Janji jiwa jilid 738 kota gunungsitoli

3. Americano Hot Coffee


Dengan harga 15 ribu satu gelasnya, americano hot coffee bisa dinikmati dengan tempat penyajiannya yang lebih kecil dari gelas varian campuran es.

Meski disajikan dengan gelas plastik yang memiliki tutup untuk bisa diminum langsung, pelanggan tetap disediakan sedotan berbentuk pipih.

Saat meminum kopi tersebut, saya tidak mendapatkan aroma khas kopi. Lalu untuk soal rasa, kopi yang disajikan tanpa gula ini. Hanya memberikan sedikit saja rasa pahit. Lalu saat kopi telah habis tertelan, tidak ada rasa lain yang tersisa pada liur.

Karena rasa pahitnya yang sedikit, jika dalam keadaan dingin, bisa saja kopi segelas itu diminum sekali teguk saja. 

Itulah 3 varian rasa yang sudah saya coba di outlet Kopi janji jiwa gunungsitoli.

Bagikan di :

22 komentar

  1. wajib nyobain nih kalau kesini kak, makasih banget infonya kak. bisa jadi refrensi banget nih

    BalasHapus
  2. Wwwoow Janji Jiwa sudah sampe Nias :D
    Ngebayanginnya pasti seru banget, karena bisa menikmati pemandangan laut dan Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli. Selama ini kalo pesen kopi ya gofood, jadi pengen maen ke Pulau Nias :)

    BalasHapus
  3. Kopi adalah minuman super bagi lelaki. Apalagi kopi di malam hari. Bahkan, pada jaman dahulu, kopi adalah hidangan raja raja.
    Jadi minum kopi bikin tenang dan mantap jiwa. jangan lupa. kunjungi balik ya blog saya

    BalasHapus
  4. Wuih janji jiwa udah ada cabang di sana ternyata
    Pasti langsung rame dan laris manis ya
    Sama kayak di sini, varian kopi janji jiwa selalu antri deh yang beli

    BalasHapus
  5. Jadi pengen coba kopi cokelat nya deh hehe apalagi sambil menikmati pemandangan yang aduhai😊

    BalasHapus
  6. Seger kali ya bang,sambil minum es kopi susu trus duduk santai di depan taman yaahowu..

    BalasHapus
  7. Kopi wajIb tiap bulan buat Jajan kalo lagi pengen yang agak manis. Favorit saya es kopi susu (gula aren), endesss

    BalasHapus
  8. wah janji jiwa sdh sampai di Gunung Sitoli ya..emang varian rasanya terbaik janji jiwa nih..es kopi coklay sy suka banget.. mantap rasanya

    BalasHapus
  9. Di kotaku juga ada gan, dan rasa favoritku adalah es kopi susunya.

    BalasHapus
  10. Paling suka cobain yg kopi susuuuu. Emang enak banget seger. Seketika langsung melek. Hihi

    BalasHapus
  11. Di kota saya juga ada Janji Jiwa. Saya kira itu cafe pribadi, ternyata franchise to.
    Saya jadi penasaran banget dn pengen coba nih.

    BalasHapus
  12. Loh ada yang hot coffe juga... berarti ga merata semua kopi janji jiwa bikin hot coffe ya... kemarin coba yang di jakarta pusat..mereka ga sediain yg hot.. hanya yg cold saja . . Memang bisa ga pakai es..tapi bukan HOT.. sementara saya penikmat hot coffe

    BalasHapus
  13. Dulu saya penggila kopi, rasanya hidup tak nyaman tanpa minum kopi, 3 kali sehari seperti minum obat.
    Sekarang sudah mulai dikurangi, usia tak mau lagi menerima wkwkwk

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah nyobain janji jiwa. Maklum di kabupaten nggak ada yang kekinian begini. Tapi baca ini jadi tahu deh gambarannya.

    BalasHapus
  15. Bang Andi,, aku suka yg Americano Hot Coffe soalnya kl nonton drama Korea suka lihat pemerannya pesan Americano ini di coffe shop nya hehe

    BalasHapus
  16. Saya masih pecinta kopi puritan, artinya kalau disodorin tiga menu diatas, saya pasti memilih american hot coffee tanpa gula.

    Tapi kalau terpaksa, di siang-siang yang panas menyengat, ya paling es kopi susu juga boleh hehe

    BalasHapus
  17. Saya gak begitu suka kopu kekinian, lebih suka kopi ori. Meski demikian, bukannya saya gak pernah nyoba. Saya pernah nyoba beberapa brand kopi kekinian dan memang YES, khusus Janji Jiwa ini emang beda. Meski harganya yaaaa lebih mahal sedikit dari lainnya, tapi puas minumnya.

    BalasHapus
  18. Dari dulu pengen nyobain kopi janji jiwa tapi belum kesampaian. Jadi ngiler pengen nyobain semuanya. hehe

    BalasHapus
  19. lidahku lebih cocok sama kopi dicampur susu Kak, jadi gak terlalu pahit hehe. Aku jarang2 sih beli kopi Janji Jiwa, tapi kalo dibelikan ya gak pernah nolak sih :D

    BalasHapus
  20. kalau janji jiwa aku baru nyobain yg matcha, mnrtku enak sih bagi penggemar matcha kaya aku. sisanya ketiga variasi di atas belum nyobain euy

    BalasHapus
  21. Saya lebih milih yang nomor 2, es kopi susu, rasa susunya lebih dominan. Enaknya menikmati secangkir kopi sambil menikmati pemandangan sambil dihembus angin sepoi-sepoi

    BalasHapus
  22. Es kopi coklat? Hmm, baru pertama nih aku baca.. jadi ngebayangin rasanya yang bentrok Mas :)

    Ya karena lidahku paling cucok ya ama kopi item aja, paling pol ama dikasih susu (segar/SKM).

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done