Melihat Langsung Semburan Mata Air Panas Sipoholon - Anjos Nias | Blogger Nias

Kamis, 09 April 2020

Melihat Langsung Semburan Mata Air Panas Sipoholon

Semburan Mata Air Panas

Tarutung , Kabupaten Tapanuli Utara,  Provinsi Sumatera Utara, selain memiliki objek wisata religi salib kasih juga memiliki objek wisata alam pemandian air panas yang terletak di jalan balige, Sipoholon. objek wisata ini sangat mudah untuk ditemukan karena berada di jalan umum yang biasa dilintasi jika menuju atau dari medan. Objek wisata itu dikenal dengan nama pemandian air panas sipoholon.

Lihat videonya :


Lokasi pemandiannya pun bukan hanya satu, karena setiap lokasi pemandian dikelola oleh pemilik usaha yang berbeda. Untuk bisa memasuki lokasi pemandian, kita harus melakukan pembayaran dahulu semacam uang masuk. Jika tidak ada pemandu, begitu tiba dilokasi sebaiknya tidak langsung memasuki tempat, sebaiknya berkeliling sebentar untuk melihat kondisi kenyamanan setiap tempat pemandian. 
Jejeran tempat masuk pemandian air panas

Karena setiap pemandian memiliki fasilitas dan bentuk kolam yang berbeda-beda. Sebagai pengalaman, karena saya juga baru pertama kali pergi ke tempat pemandian itu,  langsung memilih satu tempat hanya karena parkirannya sepi dan setelah membayar, teryata tempat yang saya masuki kolamnya terlihat kurang menarik. 

Beruntung kekecewaan itu bisa diobati, karena dibelakang lokasi pemandian ada sebuah bukit yang merupakan sumber mata air panas yang dialirkan ke masing-masing kolam. Semua lokasi pemandian mengizinkan pengunjung untuk naik ke bukit itu, dengan catatan agar tidak merusak aliran air yang dibuat dengan mengeruk tanah dan menyampung beberapa bambu. 

Daerah perbukitan, aliran air panas
Saat berada di bukit itu, kita akan melihat beberapa titik mata air panas yang keluar begitu deras dan pada alirannya yang menggenang akan terlihat buih air mendidih. Tentu panas air di lokasi perbukitan lebih tinggi dari pada yang didalam kolam, hal itu saya ketahui saat mencelumkan jari di dalam aliran air yang diperbukitan.

Pembagian aliran ke setiap usaha pemandian

Selain dapat melihat mata air dan alirannya, diperbukitan tersebut akan dapat dilihat endapan belerang yang jika di foto saat cuaca sedang tidak terik terlihat seperti air es yang membeku. Dari perbukitan inilah saya ketahui teryata selain lokasi kolam yang saya masuki masih ada lokasi kolam lain yang lebih bagus fasilitasnya dan harga untuk bisa masuk semuanya sama.

Endapan belerang
Saat saya berada dilokasi matahari sudah sangat terik. Suhu udara saat berada diperbukitan terasa sangat panas. Karena cuaca terik dari matahari dan panas dari uap air yang kekuar. pandangan pun terasa sangat menyilaukan. Hampir tidak bisa membuka mata seratus persen, oleh karena itu saat naik kebukit saya sarankan menggunakan kaca mata hitam.

Saat mandi dikolam jangan heran jika ada pengunjung yang akan mengolesi badannya dengan endapan belerang yang di dapatkan dengan mengorek di sekitar cucuran air. Karena selain berendam dengan air panas, mengolesi belerang dan membiarkannya beberapa saat di kulit badan diyakini dapat membersihkan kulit dan menghilangkan penyakit.
Suasana kolam berendam

Untuk tukar pakaian, pemilik usaha juga sudah menyediakan beberapa kamar mandi yang didalamnya ada bak berisi air panas juga. Suhu air dalam bak tersebut biasanya lebih panas, mungkin karena wadahnya yang lebih kecil sehingga suhu air tersebut tetap terjaga. Jadi kalau mau menyiramkan air kebadan setelah berendam, baiknya pelan-pelan saja.

Salah satu tempat yang baru saya ketahui setelah selesai dari tempat semula, yaitu hotel boli-boli. Di Hotel ini, kolamnya tentu terlihat lebih menarik. Karena penataannya dan bahan pembuatan kolamnya sudah disesuaikan dengan standar hotel.
Pemandangan dari atas bukit

Selain menyediakan tempat pemandian air panas, di bagian juga menyediakan penjualan oleh-oleh berupa kaus dengan desain bernuasa batak.  

Untuk makan minum, setiap tempat pemandian juga menjual makanan dan minuman dengan berbagai menu.
Kolam untuk berendam dilihat dari atas bukit

Pemandian Air Panas Sipaholon
Jalan Balige
Uang masuk :5000/orang

Bagikan di :

37 komentar

  1. Wisata mata airnya selain murah juga memyehatkan, ini sama dilokasi saya juga ada pemandian air panas prataan yang juga dianggap masyarakat mampu mengobati rematik dan lainnya.

    BalasHapus
  2. Saya baru satu kali ke wisata pemandian air panas, saat di Padang. Penasaran juga ya dengan lokasi wisata ini yang sudah tertata baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat usahanya banyak. Jadi gak bakalan numpuk di satu tempat

      Hapus
  3. Pernah sekali mandi pemandian air panas dari belerang. Katanya dapat menghilangkan penyakit kulit seperti gatal-gatal misalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih begitu, pengunjung yang datang juva berkeyakinan gitu

      Hapus
  4. Wisata pemandian air panas, menjadi sarana rekreasi dan sekaligus untuk kesehatan

    BalasHapus
  5. Belum lama ini saya ke Tapanuli Tengah bang, indah banget. Gak usah diragukan lagi pasti Tapanuli Utara banyak banget wisata indahnya ya. Lihat artikel ini aja saya sudah berdecak kagum. Teruslah nulis keindahan Tapanuli ya bang, biar jadi referensi saya saat sedang dinas ke sana hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya lebih fokusnya nulis nias. Kebetulan liburan ke tapanuli. Jadi sekalian aja ditulis

      Hapus
  6. Saya paling suka mandi air hangat, apalagi di mata air panas seperti ini. Semoga bisa dapat kesempatan jalan-jalan ke Tapanuli.

    BalasHapus
  7. Keren ya kak, saya belum pernah nyobain mandi di kolam air panas. Iyap, pernah dengar kak kalau belerang bagus untuk kulit. Salah satunya buat jerawat. Tapi di sisi lain belerang juga bikin kulit kering kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru tahu nih, belerang bikin kulit jadi kering

      Hapus
  8. Kalau berendam air panas apalagi dari sumber airnya bisa nyembuhin. Gak akan bikin terbakar wong air murni hihi

    BalasHapus
  9. Pengen juga ya mandi di kolam air panas alami seperti ini karena memang belum pernah

    BalasHapus
  10. Tiket masuknya murah banget nget nget. Andai dekat dan tidak sedang dalam sikon seperti ini pasti saya ajak anak-anak kesana dan pasti mereka suka banget :)

    BalasHapus
  11. Saya beberapa kali ke Sipaholon ini, biasanya malam hehe
    Semoga tetep terjaga yaaa
    Karena ga semua tpt punya hotspring

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja, karena tempat itu memberikan banyak manfaat

      Hapus
  12. Seru banget nih tempatnya, apalagi tiket masuknya sangat menggoda. Moga suatu saat bisa ke sana.

    BalasHapus
  13. Wah murah sekali harga tiket masuknya mas. Di daerah saya sendiri ada beberapa wisata pemandian air panas tapi saya belum pernah nyoba hehehe

    BalasHapus
  14. Jadi kepikiran saya pengen celupin telur rebus di sini bang. Pasti matang kan? Hahahaha. Enak banget ada wisata pemandian air panas yang bisa dijangkau dari rumah. Sehat lagi, sebab biasanya mengandung belerang.

    BalasHapus
  15. Noted... jadi tambah satu lagi lokasi wisata kalau pulkam ya... jadi inget tahun 2010 lalu saya ke salib kasih.. udah 10 tahun lalu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ini orang sumatera juga ya. Masih banyak tempat wisata di sumater utara ini ya kan mas

      Hapus
  16. hotel boli boli? kok saya jadi inget bolo bolo ya. wkwkwk.... keren emang hotelnya. fasilitasnya juga nyaman.rekomended buat dikunjungi

    BalasHapus
  17. Di foto bagus sekali ya..seperti dimana gitu. Dan ini tiket masuknya itu ya ampun, terjangkau banget. Sehat mandi di sini buat kulit ya, ada kandungan belerangnya

    BalasHapus
  18. Terkesan sekali dengan lokasi ini Bang. Lereng endapan belerang sangat jarang ada di tempat lain.

    BalasHapus
  19. Saya belum pernah mengarasakan mandi air panas belerang. Kata orang sih obat penyakit kulit

    BalasHapus
  20. Belum pernah sie mandi dan berendam di air panas belerang , kalau kata temen bisa buat kulit sama buat migren jg ya kalau permandian air panas gitu sebab temen migrennya parah banget makanya terapinya ke tempat permandian air panas gitu, btw ini HTMnya murah sekali ya ok lah masuk list nie kalau ke sumatera utara.

    BalasHapus
  21. Saya pernah sekali mandi di pemandian air panas, sebelum masuk ke kolam pakai pemanasan dulu, celupkan kaki perlahan-lahan agar tubuh terbiasa dan tidak terkejut. Saat sudah bisa masuk ke dalam kolam, saya pun tak tahan berlama-lama, beda dengan teman saya yang malah membahasi kepalanya di bawah cucuran air panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya memang harus pelan-pelan. Gak boleh nyemplung. Kalau badan da terbiasa. Rasa panasnya kayak gak terasa lagi

      Hapus
  22. Asyik banget berendam air panas sambil menikmati pemandangan pegunungan yang indah. Asyik ya, itu jalur aliran airnya nggak pakai pipa, jadi kayak sungai kecil

    BalasHapus
  23. Nah iya tuh, mengolesi badan dengan belerang memang treatment tradisional buat mengobati banyak penyakit terutama penyakit kulit. Apalagi ditambah mandi di air hangat, duh joss banget.

    BalasHapus
  24. wah ini menarik banget, kalo main-main k Tapanuli ini bisa mampir kesini, sambil nikmatin wisata alam. Katanya mandi air belerang ini bagus ya

    BalasHapus
  25. Mandi belerang wah seru banget apalagi sama anak-anak. Kalau pemandian air panas di sini paling di garut jauh bgt hahah

    BalasHapus
  26. saya udah pernah ke pamandian air panas kaya gini. waktu itu pengen sekadar mencoba aja, pas mau masuk khawatir dong, kalau ada yang sakit kulit ingin mengobati dengan cara berendam. Tapi kekhawatiran saya sirna karena ada peringatan kalau yang sakit (terutama sakit kulit parah) dilarang ikut berendam. Ada cara khusus untuk mereka yang pengen melakukan pengobatan, alhamdulillah lega

    BalasHapus
  27. wah jadi pengen nyobain di sana secara sudah lama pengen wisata air panas gini.

    BalasHapus
  28. Wuah seru banget tuh waktu menjelajah perbukitannya. Di perbatasan Bondowoso-Banyuwangi, ada sumber air panas gini, namanya Kali Pahit Tapi belerangnya, wah! Kadarnya tinggi banget, jadi nggak bisa buat mandi-mandi. Reviewnya udah nisya tulis di blog sih, monggo kalau mau mampir ke Blog #RanselMungil

    BalasHapus
  29. wah wisata air panas inilah yang sayang suka mas, gak sangka di Tarutung punya kolam air panas.. pengen ke sana deh

    BalasHapus

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done