5 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Kimia yang Keren dan Mentereng - Anjos Nias | Blogger Nias

Senin, 30 Desember 2019

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Kimia yang Keren dan Mentereng


Menjadi salah satu rumpun jurusan dalam bidang teknik, teknik kimia memang dikenal dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam proses kuliahnya. Namun, hal ini juga beriringan dengan peluang kerja yang didapatkan nantinya. Bagi yang sedang berkuliah di jurusan ini, atau alumni jurusan teknik kimia, bisa melihat rekomendasi 5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia yang keren dan mentereng berikut ini.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia merupakan salah satu jurusan yang termasuk rumpun saintek. Jadi mahasiswanya sebagian besar mengambil program IPA saat SMA. Jurusan teknik kimia banyak tersedia di beberapa universitas di Indonesia. Peminat jurusan ini juga cukup banyak.

Ada banyak alasan kenapa memilih jurusan ini, salah satunya karena memiliki prospek kerja yang bagus. Alasan lainnya adalah lulusan teknik kimia memiliki peluang untuk memperoleh gaji yang besar. Hal ini karena lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat maupun berbagai perusahaan.

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Teknik Kimia

Mengetahui 5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia sendiri terbilang penting. Hal ini bertujuan agar para alumni atau yang sedang berkuliah di jurusan ini tidak meragukan masa depan mereka karena tidak tahu pilihan pekerjaan apa yang bisa diambil. Berikut ini merupakan pilihan pekerjaan yang bisa diambil:

1. Industri Pangan


5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia yang pertama diawali dengan bekerja di sektor industri pangan. Industri pangan itu sendiri tidak pernah ada matinya karena manusia selalu membutuhkan pangan. Seperti yang diketahui bahwa produk-produk hasil pertanian mudah rusak. Hal ini kemudian membutuhkan inovasi teknologi supaya produk tersebut menjadi awet, layak dikonsumsi serta aman bagi lingkungan.

Tugas dari lulusan teknik kimia adalah berperan dalam proses produksi, rekayasa proses, pemilihan bahan, cara pengolahan limbah dan sebagainya. Perusahaan besar yang bergerak di bidang pangan contohnya adalah Danone, Nutrifood, Nestle dan Mayora.

2. Industri Petrokimia

Dalam industri petrokimia, akan banyak sekali melibatkan proses pencampuran, pemisahan dan proses konversi kimia. Beberapa proses tersebut berkaitan dengan apa yang dipelajari oleh jurusan teknik kimia.

Jika ingin bekerja di industri ini maka lulusan teknik kimia harus menguasai analisis reaktor sintesis, analisis kolom distilasi, analisis kolom absorber, troubleshooting, pengolahan limbah dan sebagainya. Perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik kimia di bidang ini adalah Pupuk Kaltim, Petrokimia Gresik dan Pupuk Sriwidjaja.

3. Industri Kosmetik


5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia selanjutnya adalah bekerja pada industri kosmetik. Hari demi hari semakin banyak bermunculan industri kosmetik di Indonesia. Keberadaan industri ini kemudian menciptakan peluang kerja yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, industri kosmetik sangat membutuhkan lulusan teknik kimia.

Tugas lulusan teknik kimia di industri kosmetik adalah memilih bahan-bahan dan komposisi yang tepat untuk menjadi produk kecantikan. Produk kecantikan tersebut seperti krim wajah, bedak, pewarna rambut, cat kuku, lotion dan lainnya. Beberapa perusahaan kosmetik adalah Chanel, Nivea, L’Oreal dan banyak lainnya.

4. Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Salah satu pekerjaan favorit lulusan teknik kimia adalah FMCG. Dalam bidang ini lulusan teknik kimia memiliki tugas untuk melakukan rekayasa proses, menganalisis proses produksi, dan mencari cara bagaimana proses produksi menjadi lebih ekonomis sehingga menghasilkan banyak profit.

Gaji yang akan diperoleh jika menekuni bidang ini cukup tinggi dengan jenjang karir yang sangat baik. Ditambah lagi dengan soft skill lainnya, seperti marketing, sales dan supply chain management. Perusahaan FMCG adalah KAO, P&G, L’Oreal, Johnson & Johnson, dan sebagainya.

5. Menjadi Pebisnis


Dan 5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia yang terakhir adalah menjadi pebisnis. Peluang lulusan teknik kimia untuk menjadi pebisnis sangat terbuka lebar. Bisa memilih menjadi pebisnis di industri makanan, minuman, kosmetik ataupun lainnya. Supaya bisa berjalan dengan baik maka dibutuhkan keahlian atau keterampilan dalam membuat produk.

Produk yang diciptakan harus aman dikonsumsi jika menekuni industri makanan dan minuman. Jika menekuni industri kosmetik maka harus menciptakan produk yang aman digunakan. Keahlian yang harus dimiliki adalah memahami sifat fisis, mikrobiologi, teknik kimia dan masih banyak lagi.

Itulah informasi mengenai 5 pilihan karier untuk lulusan teknik kimia. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan teknik kimia? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.






Bagikan di :

Tinggalkan Komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done