Selasa, 17 September 2019

Agar Bisnismu Berkembang, Gunakanlah Domain

Setiap orang maupun kelompok memiliki alasan yang berbeda saat mulai melakukan bisnis. Tetapi pada umumnya berbisnis adalah salah satu cara seseorang atau kelompok untuk mendapatkan penghasilan. Perkembangan teknologi dalam bidang digital saat ini memberikan dukungan kepada setiap orang untuk memulai bisnis atau usaha dari dalam rumah. 

Dalam kerangka menjalankan bisnis, tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan dapat dalam bentuk barang maupun jasa. Setelah produk telah jadi pebisnis sebagai pemilik usaha akan melakukan pemasaran, agar konsumen mengenal hingga menggunakan produknya. 

Pesatnya kemajuan Industri digital saat ini menjadikan sarana pemasaran pruduk menjadi lebih mudah sampai ke calon konsumen. Saat ini indonesia menjadi salah satu pengguna internet terbesar di dunia. Pada maret 2019 yang lalu, statista, merupakan sebuah lembaga yang bergerak mengumpulkan data untuk kebutuhan bisnis dan ekonomi, menunjukan bahwa indonesia berada di peringkat ke 5 pengguna internet  terbesar di dunia, dengan pengguna sebanyak 143, 26 juta hanya berselisih tipis dengan Brasil yang pengguna internetnya  sebanyak 149,06 Juta. 

Bagi sebagian orang, memasarkan produknya menggunakan akun media sosial pribadi adalah pilihan untuk menekan biaya produksi, agar keuntungan yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. Meski ada diantaranya juga yang melakukan pembayaran langsung kepada pemilik media sosial untuk mengiklankan produknya. Namun pemasaran tanpa identitas digital, akan sangat rentan terhadap pengklaiman identitas digital oleh orang lain, saat bisnis tersebut mulai berkembang. 

Identitas digital yang saya maksudkan adalah domain atau alamat situs. Maka sebaiknya bisnis yang barus saja dirintis langsung melakukan penyewaan domain, dengan nama sesuai bisnis yang dijalankan. Ibaratnya ketika sedang merintis bisnis es krim langit dan pada satu waktu tertentu usaha itu berkembang, lalu orang lain meniru bisnis tersebut serta langsung melakukan penyewaan domain atas nama, www.eskrimlangit.tld, maka resikonya konsumen dan calon konsumen bisa jadi akan terkecoh dengan adanya identitas digital itu.

Penggunaan domain untuk bisnis menjadi sangat penting, selain hal diatas. Juga berguna untuk membangun tingkat kepercayaan calon konsumen atas bisnis yang sedang kita jalankan. Pengalaman dari seorang teman yang menjalankan bisnis konveksi, saat bertemu dengan calon konsumen dan memberikan kartu nama yang telah tertulis domain usahanya, calon konsumen tersebut langsung berkata “bisnismu berarti serius, sampai punya website”. 

Selain kepercayan atas pengakuan seperti itu, kepercayaan atas modal dan manajemen bisnis juga akan terlihat dengan adanya domain bisnis. Karena tidak mungkin seseorang yang memulai usaha bisnis, namun tidak mampu membayar sewa untuk domain bisnisnya.

Kepemilikan domain atas bisnis yang dijalankan juga akan berdampak kepada penghasilan dari bisnis tersebut. Calon konsumen bisa jadi mengetahui bisnis yang kita jalankan, berdasarkan hasil penelusuran melalui mesin pencari di internet  seperti google. Akhirnya calon konsumen tersebut akan menggunakan produk bisnis kita. Hal itu dibuktikan berdasarkan data yang dikeluarkan Global Web Index hingga desember 2018, Indonesia menjadi negara dengan warga paling banyak melakukan belanja online yakni sebanyak 86 persen. Nilai ekonomi internetnya berdasarkan catatan dari penelitian Google search pada tahun 2018 diperkirakaan mencapai US$27 Miliar. Dari nilai itu, untuk pasar penjualan online indonesia mencapai US$12 Milliar. 

Artinya masyarakat indonesia saat ini cukup percaya terhadap internet dalam memperoleh informasi. Hal itu akan mendukung upaya pemasaran produk bisnis, harus diakui pemasaran yang dilakukan secara konvensional atas suatu produk terkadang kurang informatif, sehingga calon konsumen kurang mengerti atas produk bisnis yang dipasarkan. Dengan adanya domain, calon konsumen dapat mencari tahu informasi yang lebih lengkap dengan mengunjungi alamat domain bisnis kita di internet.


Saat ini, ada banyak Top Level Domain (TLD) yang dapat digunakan sebagai identitas digital atas bisnis yang dijalankan. Untuk pengguna internet domain dengan TLD (dot) com dan TLD (dot) id sudah sangat familiar, sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan untuk domain bisnis. Sementara agar bisnis yang dijalankan memiliki domain, pemilik bisnis dapat melakukan penyewaan domain melalui penyedia jasa hosting indonesia. Melalui penyedia jasa tersebut, pemilik bisnis dapat melakukan pemesanan domain sesuai kebutuhan bisnisnya. Bahkan untuk menekan biaya, lewat penyedia jasa itu pebisnis bisa mendapatkan domain murah jika sedang berlaku masa-masa promo.

Sebelum melakukan pemesanan domain, pemilik bisnis harus terlebih dahulu memastikan bahwa penyedia jasa hosting indonesia tersebut memiliki alamat yang jelas di dunia nyata, dapat dihubungi 24 jam sehari dan telah berpengalaman dilihat dari usia penyediaan jasa tersebut.

Setelah nantinya memiliki domain atas bisnis yang dijalankan,  dipastikan bisnis itu akan memiliki citra positip bagi calon konsumen maupun mitra bisnis. Itulah mengapa domain penting untuk bisnis.

8 komentar:

  1. Wahhh, kalau ikut kelas gapura digital google, emang disarankan sekali memiliki website sendiri untuk usaha, walau ada sosial media yang membantu,
    Thanks artikelnya bang

    BalasHapus
  2. Memang domain sangat penting bang supaya meningkatkan consument trust terhadap produk dan juga perusahaan nya.

    BalasHapus
  3. Wah kak. jadi berasa banget newbie nya yak.. masih banyak istilah blog yang belum diketahui. Betuls banget kalo dari internet kita bisa dapat informasi yang banyak

    BalasHapus
  4. domain ini memang penting untuk perkembangan bisnis sekarang, biar bisa bersaing di industri 4.0 apalagi sekarnag orang-orang pakai internet, nyari sesuatu di internet. maka domain itu kayak hal yang wajib bagis para usahawan

    BalasHapus
  5. Emang bener bang domain itu pengarruh banget menurutku ya. karena bagi pembaca (konsumen) jika web kita sudah berdomain akan terlihat lebih profesional juga

    BalasHapus
  6. Zaman now kalau tak serius mengelola toko online alamat tergilas juga dg yg serius, ya kan Bg. Pernah nemu website produk yg bagus tp mau order barang gak direspons, trus loading ke halaman² lainnya lama, akhirnya pindah deh ke website merek lain. Sayang kan

    BalasHapus
  7. Jadi pengen serius merancang bisnis .Terapannya perlahan-lahan.

    BalasHapus
  8. Gak cuma bisnis, bahkan yg pribadi aja kayaknya emang udh harus beli domain ya bang hahah

    BalasHapus