Selasa, 04 Februari 2020

Wajib Dicoba! Ini 5 Cara Untuk Lebih Hemat Kuota Instagram



Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pengguna cukup banyak. Dengan banyaknya pengguna tersebut, tidak salah jika aplikasi ini menjadi salah satu yang paling populer untuk digunakan. Walaupun populer dan memiliki pengguna yang banyak, nyatanya Instagram juga menjadi aplikasi yang sangat boros kuota. Hal ini dikarenakan isi dari instagram yang berupa foto dan video sehingga membuat jumlah paket data yang digunakan menjadi besar. Lalu, bagaimana cara untuk lebih hemat kuota Instagram?

Kenapa Instagram Menghabiskan Banyak Kuota? 


Sejak pertama kali diluncurkan instagram telah dikenal sebagai aplikasi yang sangat boros kuota. Di antara semua media sosial, instagram juga dikenal sebagai yang paling boros. Hal ini bukan tanpa alasan karena di dalamnya dipenuhi dengan konten foto dan video dengan resolusi tinggi. Membuka instagram hanya dalam lima menit saja juga bisa membuat kuota internet berkurang cukup banyak.

Mengingat fakta ini sangat direkomendasikan untuk membuka instagram ketika terhubung dengan jaringan WiFi. Namun banyak orang yang tidak menerapkannya karena tidak semua tempat terhubung dengan WiFi sehingga menggunakan kuota internet menjadi pilihan. Namun konsekuensinya kuota internet akan sangat boros dan membuat pengeluaran semakin banyak.

5 Cara Untuk Lebih Hemat Kuota Instagram 

Pada saat membuka fitur Explore di Instagram akan ditemukan puluhan video sehingga bisa dibayangkan berapa banyak kuota yang digunakan. Bagi yang mempunyai kuota pas-pasan tentu tidak akan berani membuka instagram dan menikmati semua fitur yang disediakan. Namun tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada beberapa cara yang digunakan untuk hemat kuota instagram.

1. Menggunakan Fitur Penghemat Data

Cara hemat kuota instagram yang pertama adalah dengan menggunakan fitur penghemat data. Dengan cara ini pengguna instagram bisa menghemat banyak kuota internet sehingga tidak boros. Untuk pengaturan mode hemat instagram pertama harus membuka instagram  kemudian aktifkan menu “Pengaturan”. Setelah itu pilih “Akun” dan kemudian lanjutkan dengan memilih “Pengaturan Data Seluler”. Kemudian pilih opsi “Penghemat Data” dengan cara menggeser tombol ke arah kanan  sampai muncul nada warna biru yang terlihat di layar.

2. Pengaturan Resolusi Tinggi 

Instagram memang dipenuhi dengan konten foto dan video yang tentunya jika dibuka akan menghabiskan banyak kuota internet. Supaya menjadi hemat kuota bisa mengatur resolusi yang ada di feed instagram. Jika tidak menginginkan tampilan foto dan video memiliki resolusi tinggi sebaiknya memilih opsi “Tidak Pernah”. Apabila menemukan jaringan Wi-Fi dan ingin melihat video atau foto dengan resolusi tinggi maka pilih opsi “WiFi”.

3. Pilih Basic Saat Upload Konten Foto atau Video 


Cara hemat kuota instagram selanjutnya adalah dengan memilih “basic” pada pengaturan “upload quality”. Hal ini dilakukan agar membantu menghemat kuota pada saat mengupload foto atau video. Cara ini akan mengurangi kualitas foto atau video. Apabila tidak dikurangi maka akan boros kuota. Ketika sudah menerapkan pemilihan “basic” maka konten foto atau video akan lebih menghemat kuota. Namun kualitasnya sedikit dikurangi. Namun jika ingin mengembalikannya secara semula caranya cukup mudah yaitu memilih menu “normal”.

4. Mematikan Notifikasi

Kuota akan menjadi lebih hemat ketika notifikasi instagram dimatikan.  Caranya cukup mudah yaitu mengaktifkan tombol “Pengaturan” lalu pilih “Notifikasi”. Selanjutnya pilih “off/matikan” pada jenis notifikasi yang ingin dimatikan di instagram. Selain itu juga bisa memilih tetap mengaktifkan notifikasi dari orang-orang tertentu saja. Mematikan notifikasi maka notifikasi instagram tidak lagi beroperasi di sistem latar. Dengan cara ini akan membuat penggunaan kuota menjadi berkurang dan lebih hemat.

5. Mengaktifkan Data Server 

Cara hemat kuota instagram yang terakhir adalah dengan mengaktifkan data server. Caranya cukup mudah yaitu hanya perlu memilih menu “Pengaturan” yang ada di Smartphone. Kemudian pilih “Data Usage” yang berada di kolom Wireless & networks. Selanjutnya pilih “Data Server” dan nyalakan data server tersebut dengan tombol slide. Dengan menggunakan cara ini maka akan mengurangi resolusi gambar, bitrate pada video, compress data dan meniadakan fungsi yang dianggap boros kuota. 

Itulah informasi mengenai cara mudah hemat kuota instagram yang bisa dicoba. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak tentang kuota internet ? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com.